PERSIAPAN SEBELUM BERLATIH

BAGAIMANA MEMULAI BALLET?

 

Setelah mengenal asal-usul serta beberapa maestro ballet, bagaimana kalau kita bersiap menari ballet! Ups, tunggu dulu. Sebagai tarian yang berasal dari golongan ningrat/bangsawan yang sarat tata krama dan aturan, tak heran bila banyak ‘aturan’ dalam ballet termasuk untuk berlatih. Karena ballet merupakan tarian klasik, keanggunan dan detil sangat diperhatikan, baik dari perlengkapan, musik hingga penari balletnya sendiri.

 

Apa saja, sih, yang harus disiapkan untuk berlatih ballet? Yuk, disimak!

 

 

1.Leotard

Berguna untuk menjaga kenyamanan saat bergerak. Selain itu dengan menggunakan leotard lekuk dan postur tubuhmu dapat jelas terlihat, dimana guru dapat menilai perkembangan postur tubuh para penari. Untuk laki-laki mengenakan kaus dan celana panjang ketat.

 

 

2.Stocking.

Untuk mencegah lecet para lutut saat bersentuhan dengan lantai, dan mencegah lecet pada tumit karena bergesekan dengan sepatu. Disamping mencegah cedera, baik stocking maupun leotard juga dapat membantu mengencangkan otot-otot di tubuh. (image: zoom in ballerina mengenakan stocking atau ballerina sedang latihan lompat)

 

  1. Sepatu

Sepatu ballet harus benar-benar pas dengan ukuran tumit (tidak kelonggaran dan tidak kesempitan) dan terbuat dari bahan yang tidak menyulitkan tumit untuk bergerak. Ada beberapa jenis sepatu ballet yang dapat digunakan menurut fungsinya. Namun secara umum sepatu kanvas (soft shoes) dan sepatu kulit (dansoft) yang paling sering dipakai latihan. (image: close up jenis-jenis sepatu dan keterangan pada caption/soft shoes (peach, white & black), dansoft, demi point shoes, point shoes, character shoes)

 

  1. Jepit rambut/hair net/bando/hair spary

Selama latihan para penari diwajibkan menata rapi rambutnya dengan cara disanggul/cepol. Hal ini untuk kenyamanan dan keleluasaan saat bergerak. Untuk menjaga cepolan tetap rapi bisa dijepit, disemprot dengan hair spray kemudian dibungkus dengan hair net, sedangkan bagi yang berambut pendek bisa menggunakan bando. Dianjurkan ballerina berambut panjang. (image: close up penari dengan rambut cepol rapi)

 

  1. Lepas semua perhiasan/aksesoris.

Perhiasan/aksesoris seperti anting, kalung maupun gelang, selain dapat mengganggu kenyamanan juga berisiko melukai penari lain.

 

  1. Handuk

Meski gemulai, gerakan ballet menguras tenaga dan dibutuhkan kondisi tubuh prima saat melakukannya. Dan pastinya kamu akan banyak berkeringat. Buat diri kamu tetap nyaman dengan membasuh keringat, dan jangan biarkan aroma keringat menyebar dan mengganggu teman-teman kelasmu 🙂

 

  1. Air minum

Karena menguras keringat, tentu kamu butuh banyak minum. Bawa botol minummu sendiri dan ingat, jangan meminum air dingin.

 

  1. Pakaian ganti

Usai latihan tentu saja leotard penuh keringat dan membuat tidak nyaman, segeralah berganti dengan pakaian kering yang masih bersih. Tentu kamu ingin tetap merasa nyaman kan meski lelah latihan.

 

Nah, itulah daftar apa saja yang kamu butuhkan untuk latihan ballet. Meski terkesan ribet, namun itu semua demi menunjang kegiatan berlatih serta kenyaman dan kenyamanan, baik sebelum, ketika dan sesudah latihan. Selalu persiapkan semua di dalam tasmu, dan sediakan tas berukuran agak besar agar dapat menampung semua keperluanmu. Selamat berlatih! (image: ballerina pose bersama-sama melakukan gerakan)